Minggu, 01 September 2013



PBAC DAN BEBERAPA HARAPAN KAMI
 
OLEH :
 
ARIE ANINDHITA 1215115122
MAYNDI FATHIR ALFATH 1215116018
NIHAYA LASTARI 1215116019
 
MATA KULIAH PBAC
TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNJ
 
LATAR BELAKANG
 
                PBAC merupakan singkatan untuk mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak. Mata kuliah ini dipelajari untuk mahasiswa tingkat tiga di program studi Teknologi Pendidikan. Memilih mata kuliah PBAC bagi kami yang sudah duduk di semester lima tentunya bukan tanpa alasan. Meskipun kami sadar di era yang sudah modern dan segalanya serba canggih, bahan ajar cetak seperti buku mulai ditinggalkan. Bahkan kini kian marak bahan ajar elektronik, internet pun menyediakan buku dan jurnal elektronik.
                Tapi bila di telaah lebih lanjut, buku masih menjadi sumber belajar yang utama untuk para peserta didik di berbagai jenjang pendidikan. Bahkan untuk kami yang sudah mengenyam dunia kampus pun, bahan ajar cetak masih lebih menyenangkan untuk dibaca. Bahan ajar cetak dinilai lebih ekonomis, efisien, dan praktis. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki ribuan pulau dan penduduknya tersebar hingga pelosok daerah. Belum semua wilayah di Indonesia siap menggunakan bahan ajar elektronik, bahkan masih ada daerah di Indonesia yang belum difasilitasi listrik.  Menurut kami pun, bahan ajar cetak lebih adaptable bagi guru dan siswa yang hidupnya jauh dari pusat kota.
              Kelompok kami juga berpendapat bahwa penggunaan bahan ajar cetak bisa membantu misi pemerintah dalam program pemerataan pendidikan di Indonesia. Bahan ajar cetak juga bisa dipertanggungjawabkan isi materinya karena jelas tertulis penerbit dan penulisnya. Bahan ajar cetak berupa buku pun mencakup keseluruhan materi pada suatu jenjang sehingga tidak merepotkan peserta didik dalam belajar. Selain itu, bahan ajar cetak yang berupa modul ataupun lembar kerja siswa bisa digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik (evaluasi).
 
PBAC DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
 
Kami memang belum memahami mata kuliah PBAC secara menyeluruh dan mendasar, tapi menurut analisis kami dan pendapat beberapa senior saat kami mengisi KRS, PBAC merupakan mata kuliah yang penting dan bermanfaat untk penyusunan skripsi. Bila dikaitkan dengan program studi yang sedang kami ambil, penggunaan bahan ajar cetak pun sesuai dengan misi Teknologi Pendidikan yaitu memfasilitasi belajar. Perlu ditekankan bahwa Teknologi Pendidikan tidak selalu harus berkaitan dengan teknologi super canggih yang up to date, tapi disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan keadaan lingkungannya. Sehingga fasilitas belajar yang digunakan pun menjadi tepat sasaran dan bermanfaat. Bahan ajar cetak berupa buku adalah fasilitas belajar yang memang cukup sederhana dan terbilang konvensional. Namun bahan ajar ini masih sangat berguna bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.  Ini membuktikan bahwa mata kuliah PBAC ini sangat erat kaitannya dengan Teknologi Pendidikan.
                Menurut kami, mengembangkan bahan ajar cetak di era serba elektronik adalah sebuah tantangan tersendiri. Dimana teknologi serba caggih, media elektronik berkembang pesat, informasi dan komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, dan semua lapisan masyarakat bisa mengakses internet dengan mudah. Tentu ini tantangan yang besar, bukan? Bagaimana mengemas bahas ajar cetak yang menarik seperti yang ditawarkan media elektronik? Bagaimana mempertahankan fokus peserta didik dan keterbacaan dari bahan ajar cetak tersebut? Bagaimana menumbuhkan minat baca peserta didik? Serta bagaimana menilai dan membandingkan bahan ajar cetak yang sudah ada untuk menjadi referensi kami dalam pembuatan bahan ajar cetak? Dari berbagai pertanyaan diatas, kami merasa perlu untuk mempelajari PBAC ini.
 
HARAPAN KAMI
 
                Kami pun memiliki beberapa harapan yang kemudian menjadi target peningkatan kemampuan kami setelah mempelajari PBAC selama satu semester kedepan. Semua harapan ini berdasarkan hasil diskusi kami di pertemuan pertama mata kuliah ini. Harapan tersebut terbagi atas harapan umum (tujuan akhir perkuliahan) dan harapan khusus (tahapan mencapai tujuan akhir).
Harapan Umum :
Mampu mengembangkan bahan ajar cetak yang sesuai kebutuhan dan karakteristik peserta didik guna memfasilitasi belajar peserta didik.

Harapan Khusus :
-          Mampu mendefinisikan bahan ajar cetak dan teori yang mendasari
-          Mampu membedakan jenis bahan ajar cetak yang biasa digunakan
-          Mampu menganalisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik terhadap bahan ajar cetak
-          Mampu menganalisis kurikulum yang akan menjadi bahan ajar
-          Mampu memilih dan menyusun materi bahan ajar sesuai jenjang pendidikan dan kurikulum
-          Mampu berdiskusi dengan ahli materi untuk menyusun bahan ajar cetak
-          Mampu menulis bahan ajar cetak secara terstruktur diseuaikan dengan hasil analisis sebelumnya
-          Mampu mendesain bahan ajar cetak sesuai prinsip desain pesan
-          Mampu mengemas bahan ajar cetak sehingga siap dipakai oleh peserta didik
-          Mampu menilai bahan ajar cetak sebagai bahan evauasi ataupun referensi pembuatan
 

CARA MEWUJUDKAN
 
                Mengenai cara mewujudkan harapan-harapan kami terhadap PBAC, jawaban sederhananya tentu dengan belajar. Belajar yang kami maksud bukan hanya belajar teori yang kami dapat selama perkuliahan berlangsung, melainkan belajar dalam arti luas. Beberapa hal yang akan menjadi cara kami mewujudkan akan diurai dalam beberapa langkah.
-          Pertama, kami akan belajar bagaimana berkomitmen dengan kontrak kuliah yang telah kami setujui di pertemuan pertama dengan dosen. Jujur saja, pada semester sebelumnya kami masih sering kali “mengingkari janji” yang telah kami sepakati. Seperti datang telat, tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, tidak aktif berdiskusi, dan lain sebagainya.
-           Kedua, kami akan belajar bagaimana bekerja sama. Pada semester sebelumnya kami menyadari seringkali tugas kelompok hanya dikerjakan oleh satu dua orang saja, sering pula saling lempar tanggung jawab, menunda pekerjaan atau bahkan sama-sama cuek sehingga pada hari dimana tugas dikumpulkan, tugasnya belum selesai.
-          Ketiga, kami akan belajar lebih serius dan mendalami. Ini memang terdengar klise. Tapi inilah yang dibutuhkan. Belajar dengan bantuan berbagai sumber referensi, giat membaca, giat bertanya dan berdiskusi, terbuka pada hal baru, berusaha menggali informasi lebih dalam. Sederhananya, berusaha berpikiran sistematik dan sistemik, seperti apa yang telah kami pelajari mengenai Teknologi Pendidikan.
-          Keempat, kami akan belajar lebih berani. Berani mencoba, mempraktikkan dan menelusuri lebih dalam. Menurut kelompok kami, praktik langsung lebih penting dibanding hanya belajar teori. Apalagi mata kuliah ini nantinya akan menghasilkan produk bahan ajar cetak. Jadi, kami berusaha agar tidak gagap ketika nantinya harus mengerjakan tugas akhir PBAC ataupun mata kuliah lainnya. 
 
PENUTUP
 
Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak adalah mata kuliah yang kami ambil di semester lima, dengan pertimbangan bahwa mata kuliah ini akan membantu kami dalam misi Teknologi Pendidikan, yaitu memfasilitasi belajar. Karena bagaimanapun pesatnya perkembangan teknologi di dunia, tetap saja bahan ajar cetak  adalah sumber belajar yang utama bagi negara kepulauan yang terbentang luas seperti Indonesia. Kami beserta teman-teman yang lain memiliki harapan yang tujuannya satu, mampu mengembangkan bahan ajar cetak sesuai kebutuhan dan karakteristik dan peserta didik. Maka kami pun akan berusaha untuk mencapai harapan yang akan menjadi target kami satu semester kedepan dengan berbagai cara terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar