Minggu, 14 April 2013

Facebook sebagai inovasi pembelajaran

FACEBOOK SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN

Disusun oleh : Arie Anindhita , Teknologi Pendidikan 2011


PENDAHULUAN

a    1.  Latar Belakang

Facebook sebagai salah satu media sosial online saat ini menjadi tren di dunia, salah satunya di Indonesia. Melihat perkembangan facebook yang semakin diminati oleh para penggunanya, mendasari pemanfaatan facebook sebagai inovasi media pembelajaran khususnya media diskusi. Seperti yang dilakukan pada mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan (DIP) yang ada pada Universitas Negeri Jakarta, jurusan Teknologi Pendidikan. Facebook dimanfaatkan sebagai forum diskusi online pembelajaran. Dimana forum ini terdapat mahasiswa yang saling berdiskusi dan juga dosen sebagai pembimbing dari diskusi yang ada.
Maka dari itu saya melakukan penelitian terhadap forum diskusi DIP di facebook untuk mengetahui apakah jejaring sosial facebook merupakan sebuah inovasi atau tidak dengan mengacu pada teori Rogers dan Reigeluth. Penelitian ini dilakukan berdasarkan tanggapan mahasiswa yang ada di dalam forum diskusi tersebut.

b   2.  Pertanyaan dari Penelitian

"Apakah Forum Group Discussion DIP ini termasuk inovasi?". Kalau Anda jawab "YES", atau "NO" atau "YES & NO", berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth.”

1.  Hitung dan tabulasi berapa jumlah yang "ngoceh" (menjawab) serta berapa yang "bengong" (tidak menjawab).
2.    Hitung dan tabulasi dari yang "nerocos" itu, berapa yang memilih "YES", "NO", dan "YES & NO".
3.      Kategorisasi/klasifikasi serta hitung frekuensinya. 

c    3.  Tujuan dan Manfaat Penelitian

Penelitian ini dilakukan agar :
-          mahasiswa dapat mengerti dan memahami mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan
-     mahasiswa dapat menerapkan dan merasakan adanya inovasi dalam mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan
-          agar mahasiswa dapat kreatif dalam menyajikan hasil penelitiannya

d   4.  Responden Survei

Responden penelitian adalah Mahasiswa Non Reguler Jurusan Teknologi Pendidikan semester 098 di UNJ tahun 2013 , yang mengambil mata kuliah Difusi Inovasi Pendidikan.

e   5.  Teknik Penelitian
Teknik yang dilakukan dengan menggunakan data yang ada di forum diskusi DIP di Facebook melalui post comment, mengklasifikasikan jawaban atau pendapat dari mahasiswa yang comment, kemudian dibuat dalam bentuk table dan juga grfik modern. Setelah itu di analisis dan disimpulkan.


HASIL PENELITIAN 

Keaktifan Mahasiswa TP Non Reguler Pada Forum Diskusi DIP

No.
Tanggapan
Jumlah
1.
Menjawab
27
2.
Tidak Menjawab
13
TOTAL
40

 Gambar diatas merupakan table dari keaktifan mahasiswa TP di forum diskusi DIP di Facebook. Dimana terdi dari 40 mahasiswa,  27 mahasiswa menjawab pertanyaan pada forum tersebut, dan 13 mahasiswa tidak menjawab.


Gambar di atas merupakan keaktifan mahasiswa TP dalam forum diskusi DIP dalam bentuk diagram batang.


Gambar di atas merupakan keaktifan mahasiswa TP dalam forum diskusi DIP dalam bentuk diagram lingkaran serta menggunakan presentase.



Data Jawaban Mahasiswa
“Forum Diskusi DIP termasuk ke dalam Inovasi Pembelajaran”

Berikut data jawaban mahasiswa TP dalam forum diskusi DIP. Ada 4 kategori yaitu Yes, No, Yes dan No, dan No Answer.

JAWABAN
JUMLAH
Yes
13 Orang
No
1 Orang
Yes dan No
13 Orang
No Answer
13 Orang
TOTAL
40 Orang

Gambar tersebut merupakan table dari jawaban yang di jawab oleh mahasiswa TP pada forum diskusi DIP. Mahasiswa yang menjawab “yes” sebanyak 13 orang. Mahasiswa yang menjawab “No” hanya 1 orang, yang menjawab “Yes dan No” sebanyak 13 orang, dan yang tidak menjawab sebanyak 13 orang.

Gambar diatas ialah jawaban mahasiswa dalam bentuk diagram batang.
 

Gambar diatas ialah jawaban mahasiswa dalam bentuk diagram lingkaran.


Mahasiswa-mahasiswa yang sudah menjawab atau memberikan pendapatnya tentang forum diskusi DIP di Facebook sebagai Inovasi dalam pembelajaran pastinya memili alas an-alasan tersendiri mengapa mereka mengatakan Yes, No, Yes dan No. berikut alas an-alasan mereka:


KATEGORI ALASAN
“YES”

JAWABAN
ALASAN
JUMLAH
PERSEN
Yes

1.      Menganggap sesuatu hal yang baru, menyenangkan , sehingga siswa lebih aktif

6 Orang
54%
2.      yes.pngMenganggap sesuatu yang baru, dan juga berkelanjutan . Memenuhi aspek-aspek inovasi dari Teori rogers dan Reigeluth)

7 Orang
46%
TOTAL
100%
     



KATEGORI ALASAN

“NO”

JAWABAN
ALASAN
JUMLAH
PERSEN
NO
no.png
1.     Menganggap sesuatu yang tidak baru dan tidak berkelanjutan

1
100%
TOTAL
100%


KATEGORI ALASAN

“ YES dan NO”

JAWABAN
ALASAN
JUMLAH
PERSEN
          Yes dan No        
1.Mengangap sesuatu yang baru,  namun tidak berkelanjutan.

4 Orang
31 &
2.Menganggap sesuatu yang baru namun, tidak menyeluruh

3 Orang
23 %
3.Menganggap sesuatu yang berkelanjutan, namun bukan sesuatu hal yang baru

6 Orang
46 %
TOTAL
100%





  

PEMBAHASAN

        Berdasarkan pada teori Rogers, Inovasi adalah suatu gagasan, praktek, atau benda yang dianggap/dirasa baru oleh individu. Dari definisi tersebut maka kata perceived menjadi kata yang penting karena pada suatu ide, praktek atau benda akan dianggap sebagai inovasi bagi sebagian orang tetapi bagi sebagian lainnya tidak, tergantung apa yang dirasakan oleh individu terhadap ide, praktek atau benda tersebut. Hal inilah yang menimbulkan jawaban mahasiswa beragam tergantung kepada bagaimana cara pandang mereka dalam memahami definisi tersebut dikaitkan dengan keberadaan forum diskusi ini. Rata-rata mahasiswa setuju dengan definisi Rogers bahwa forum diskusi FB ini adalah suatu gagasan atau hal yang dianggap baru dalam mata kuliah DIP ini. Sedangkan sebagian lagi tidak setuju dengan forum diskusi FB ini adalah suatu inovasi dikarenakan bukan hal yang baru dalam media pembelajaran. Mungkin dikarenakan mereka pernah mendapatkan forum diskusi sebelumnya disaat mereka masih sekolah, dan lain-lain.
        Yang kedua berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Charless Reigeluth. Inovasi merupakan suatu proses perubahan secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam mencapai suatu tujuan tertentu dimana hal ini dilakukan untuk memperbaiki sistem yang telah ada sebelumnya dengan melibatkan berbagai aspek agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Inilah landasan teori kedua yang digunakan oleh mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang disediakan setelah mengacu pada teori rogers. Dari teori Reigeluth inilah semakin beragam jawaban mahasiswa karena teori ini lebih menekankan pada proses yang menyeluruh dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan.


KESIMPULAN

Dari berbagai comment atau jawaban mahasiswa TP 2011 Non Reguler di forum diskusi DIP pada Facebook, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar dari mahasiswa menyatakan group diskusi online DIP adalah sebuah inovasi dalam pembelajaran. Karena sebagian besar teman-teman baru pertama kali menggunakan jejaring sosial yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama teman sehingga dapat diubahkan juga sebagai forum diskusi untuk bertukar pikiran yang lebih bermanfaat terutama dalam bidang pendidikan. Mahasiswa yang tidak menjawab atau member commentnya dalam forum diskusi DIP tersebut mungkin dikarenakan kurangnya keaktifan dalam menggunakan media sosial dengan baik. Seharusnya media ini menjadi kesempatan untuk para mahasiswa yang kurang aktif berbicara di kelas agar dapat bisa lebih aktif di forum diskusi ini.

DAFTAR PUSTAKA
https://www.facebook.com/groups/292440654216317/

0 komentar:

Posting Komentar